iNFORMASI

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi . Namun, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Informasi memang sangat penting sekali dan sangat di butuhkan untuk kita dalam menambah wawasan dan pengetahuan, bukan hanya untuk para anak-anak yang sekolah saja ataupun para mahasiswa yang membutuhkan yang namanya informasi. Akan tetapi informasi di butuhkan oleh semua orang tanpa memandang yang namanya siapa dan usia berapa.. Informasi penting untuk suksesnya pendidikan, karir atau bisnis. Informasi yang sangat penting bahkan dapat diperjualbelikan.  Informasi yang berkualitas dapat digunakan untuk:

  •  mendukung menyelesaikan tugas-tugas kuliah
  •  menghemat waktu pengerjaan tugas
  •  mencari gagasan baru
  •  membantu membuat keputusan

Mutu informasi dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

  •  Up-to-date

Informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, karena informasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan.

  •  Lengkap

Inforrmasi yang ada itu harus lengkap, tidak setengah-setengah agar para penerima informasi tidak ambigu akan informasi yang diterimanya. Informasi yang tidak/kurang lengkap dapat membuat keputusan keliru.

  •  Relevan

Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Hal ini berarti bahwa informasi tersebut harus bermanfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan lainnya berbeda.

  •  Akurat

informasi yang ada harus akurat yang berasal dari sumber informasi hingga penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.

  •  Dapat dihandalkan

Informasi itu dapat dihandalkan, dapat dipercayai nilai kebenarannya.

  •  Tersaji baik

Informasi yang diterima yang tersaji dengan baik agar penerima informasi dapat dengan jelas memaknai informasi yang diterima. Informasi  disajikan dalam format yang mudah dipahami pembaca.

 

INTERNET

Internet  adalah sumber informasi penting, selain koran, TV, dan media masa lainnya. Namun menemukan isi web yang berkualitas dan memanfaatkannya untuk membantu menyelesaikan tugas adalah pekerjaan yang menantang.

1. Evaluasi Web

Setiap orang dapat mempublikasikan apapun di internet. Perlu diperiksa kebenarannya, buktinya, redaksi kalimatnya, ejaan katanya.

2. Mencari di Internet

Cara mencari informasi dari internet yaitu :

  •  Gunakan mesin pencari
  •  Identifikasi web site
  •  Periksa kredibilitasnya
  •  Tentukan kedalaman dan keluasan ruang lingkup informasi
  •  Periksa tanggalnya

3. Tipe-tipe Website

Berdasarkan perbedaan fungsi, fitur, dan tujuan pembuatannya, website terdiri dari berbagai tipe yang berbeda, yaitu :

  • News Site (Situs Berita) : situs yang berisi artikel-artikel atau berita-berita yang di-update secara rutin. Pada beberapa situs, pengunjung atau user bisa meninggalkan komentar. Contoh : Liputan6, Detiknews, Antaranews, Reuters dan BBC.
  • Social Network Site (Situs Jejaring Sosial) : situs yang dibuat khusus untuk komunitas-komunitas tertentu untuk berbagi informasi dan berinteraksi satu sama lain. Contoh : Friendster, MySpace, Facebook, Tagged, dan lainnya.
  • Forum : situs yang dibuat khusus agar para member/anggotanya dapat berdiskusi sesuai dengan topik-topik yang telah ditetapkan. Contohnya : Kaskus, Detik forum, PHPBulider.com, dan lainnya. Untuk membuat forum diskusi biasanya menggunakan platform-platform yang sudah tersedia, baik yang berbayar seperti vBulletin ataupun yang gratisan seperti phpBB, SMF dan lain-lain.
  • e-Commerce atau Toko Online : situs yang dibuat khusus untuk menjual produk secara online. Umumnya dilengkapi dengan shopping cart (keranjang belanja) untuk memudahkan user/pengunjung berbelanja, tapi sebagian juga hanya berupa catalog online yang lengkap dengan detil dan harga produk, untuk melakukan pembelian dapat dilakukan melalui email atau telepon. Contohnya : Bhinneka.
  • Search Engine (Mesin Pencari) : situs yang dibuat khusus untuk mencari informasi sekaligus gateway ke halaman-halaman situs lain. Contoh : Google, Yahoo, Bing, Altavista, dan lainnya.
  • Archive Site : situs khusus dimana para pengguna dapat berbagi informasi dan disimpan dalam arsip-arsip elektronik. Contoh : Yahoogroups, Google Groups, Wikipedia, Archive, dan lainnya.
  • Blog : situs ini biasanya juga disebut diari online dimana pemilik (individu atau group) dapat meng-update artikel, baik tulisan, gambar ataupun file multimedia lain secara rutin dimana semua entri tersusun berurutan dan memiliki fasilitas komentar buat pengunjung.
  • Corporate/Company Website : situs ini biasanya berisi informasi-informasi umum dan kegiatan-kegiatan suatu perusahaan.
  • Web Portal : situs ini merupakan bentuk sederhana dari search engine dimana berisi informasi-informasi singkat dan link ke sumber yang berupa situs-situs lain.
  • File Sharing : situs yang dibuat khusus untuk berbagi file, baik gambar, video, musik dan file-file digital lainnya. Contoh : Photobucket, Flickr, Imageshack, Rapidshare, 4shared, dan lainnya.

4. Mesin Pencari (Search Engine)

Mesin pencari (search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.

Cara menggunakan search engine dengan baik dan tepat adalah yaitu :

  • Gunakan kata kunci yang tepat

Pilih kata kunci (keyword) yang tepat sebelum browsing.

  • Identifikasi halaman web

Banyak halaman web tidak diperiksa keakuratannya. Web personal sering digunakan untuk menyatakan opini pribadi tentang sesuatu, bukan fakta. Jadi, periksa siapa pemilik web, siapa audiensnya, siapa yang menulis artikel, apa isinya, dan apa tujuannya. Bedakan iklan atau fakta.

  • Periksa kredibilitas

Gunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk menentukan kredibilatas suatu halaman web.

  1.  Siapa penulis halaman web?
  2.  Individu atau kelompok?
  3.  Periksa informasi tambahan setelah informasi penulis ditemukan
  4.  Adakah agenda bisnis atau politik?
  5.  Siapa sponshor web?  Siapa mereka?
  6.  Apakah halaman web menyebutkan rujukan, pekerjaan yang di-sitasi?
  7. Apakah rujukan dapat dilacak?  Sumber rujukan dapat dihandalkan?
  8.  Adakah link ke web lain yang dapat dihandalkan?
  9.  Adakah email ke pengarang?

 

sumber :

ppt DUH1A2 (ICT Literacy) mencari informasi dalam internet

https://www.kompasiana.com/churin/574999dc5a7b61a008f2c372/pentingnya-informasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Informasi

https://timur.ilearning.me/2015/12/24/apa-yang-mempengaruhi-kualias-informasi/

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web